Tutorial ini aku buat terinspirasi oleh saudariku nun jauh di mata, di kota jogya. ^_^
Tutorial membuat form/formulir pendataan online ini membantu kita semua dalam mendata. tempat yang berjauhan menyulitkan kita untuk melakukan pendataan secara manual. sedangkan bila memakai layanan SMS dan lainnya maka kita akan kerja dua kali. lebih banyak waktu yang terbuang. untuk lebih efisien maka kita manfaatkan saja fitur yang disediakan mbah google "Google Drive"
ini caranya:
1. Buka www.google.com
2. Kemudian klik drive, Lalu muncul page google drive :
3. Login ke google drive dengan menggunakan email
gmail anda untuk memulai membuat drive anda.
4. Disini saya sudah punya form pendataan online
tapi untuk lebih jelasnya mari kita buat form baru. Klik buat/create yg
berwarna merah untuk memulai project anda. Perhatikan anak panah orange ^_^v
5. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Karena
disini akan membuat form pendataan online maka klik “formulir”
6. Maka akan muncul dialog box seperti ini. Masukan judul
form yang akan anda buat dan pilih tema sesuai selera anda.
7. Misalkan kita pilih tema poppy white, kemudian
oke.
8. Akan muncul page form edit seperti ini.
oia jangan lupa menset tujuan tanggapan ke spreadsheet baru dan set otomatis selalu buat spreadsheet baru, seperti gambar dibawah ini. caranya klik "tanggapan" lalu klik "ubah tujuan tanggapan"
9. Isi deskripsi form anda.
Yang dimaksud judul pertanyaan adalah
misalkan Nama, pekerjaan dll. Sedangkan jenis pertanyaan adalah bentuk jawaban
yang anda inginkan, jika pertanyaan adalah nama maka jenis pertanyaannya adalah
“teks”
Maka hasilnya akan seperti ini
10. Jangan lupa centang pada kotak “pertanyaan wajib”
jika data ini wajib diisi. Kemudian klik “selesai”
11. Jika ada perubahan maka tinggal di edit ja sob ^_^v
12. Tambahkan pertanyaan untuk data yang diperlukan
dengan klik “tambahkan item”
13. Klik “selesai” setiap kali anda menambahkan item, google
drive akan secara otomatis menyimpan ke form anda dan data tidak akan hilang
bila terjadi kesalahan seperti error page karna internet lelet ^_^.
Ini contoh pertanyaan ke 2:
14. Dan seterusnya, kemudian anda bisa mengubah kata-kata dalam
dialog box konfirmasi sesuai keinginan anda ^_^
15. Untuk jawaban yang panjang maka pilih “teks paragraph” pada
jenis pertanyaannya.
- Anda bisa mencopy tautannya/alamat url form
online anda untuk kemudian share kea kun social anda
-Membaginya ke f b
-Membaginya ke twitter
-Membaginya ke google + anda
Atau memasang template di blog anda dengan
mengklik “sematkan” dan mengcopy script javanya dan mempastenya di blog sobat.
sehingga anda bisa membagikan link form ke teman-teman yang sobat inginkan.
17. Testing. Isi form sesuai format! dan kirim.
18. maka akan muncul dialog box laman konfirmasi bahwa data telah ditanggapi.
19. untuk melihat hasil tanggapan. kembali ke goodrive sobat, lalu klik judul form (tanggapan)
20. Taraaa,...ini datanya yang masuk ^-^.
21. Sobat bisa menyimpan/mengunduh data dengan klik "file" lalu klik "unduh sebagai..". sobat bisa menyimpannya dalam file excel, pdf dll. sehingga bisa dikelola lagi.
Semoga tutorialnya bisa bermanfaat ya,.maaf bahasanya
njelimet ^_^. mohon maaf kalau kurang dimengerti. Selamat mencoba sobat !
Ok Bagus Banget dan Aku suka
BalasHapusSob mohon kasih tau
1. cara membuat form login sebelum mengisi formulir supaya tidak sembarangan orang yang bisa mengisinya
2. cara memberi password kepada seseorang yang di kehendaki untuk mengisinya
3. cara memdapatkan uang dari google