Bismillah

salju

Sabtu, 31 Agustus 2013

TOT (Training Of Trainer) Character Building Pemuda Indonesia Tahun 2013 Proovinsi Nusa Tenggara Barat

Mataram, 31 Agustus 2013

Training Of Trainer (TOT) Character Building Pemuda Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaksanakan  di Mataram, Jayakarta hotel Senggigi yang berlangsung dari tanggal 29-31 Agustus 2013. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dengan penanggung jawab kegiatan adalah Deputi bidang Pemberdayaan Pemuda dibawah pimpinan bapak DR. H. Alfitra Salamm, APU. dan juga atas dukungan Dinas DIKPORA Provinsi NTB serta rekan Alumni KAPMEPI(Kader Pengembang Moral dan Etika pemuda Indonesia) Nusa Tenggara Barat.
Tema yang diangkat adalah "dari Pemuda Indonesia untuk Neggerinya".
Kegiatan diikuti oleh Pemuda Nusa Tenggara Barat yang berasal dari OKP(Organisasi Kelompok Pemuda) di NTB, beberapa diantaranya adalah KNPI, HMI, KAMMI, RELINDO, RMI, Forum Lima Agama, Forum Alumni Pertukaran Pelajar Indonesia, Aktivis Perempuan Peduli Lingkungan, Creative Center, PSP3, PPI, Pramuka dan masih banyak lagi. Peserta berjumlah 75 orang.
Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DIKPORA Provinsi NTB.


Generasi muda adalah tulang punggung negara yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan Negara Kesatuan Repubik Indonesia, mereka adalah aset bangsa yang potensial.
''Pemuda hari ini, pemimpin Masa Depan"
Namun dilain pihak sejumlah indikator memperlihatkan terjadinya penurunan moral etika generasi muda. indikator itu diantaranya adalah maraknya tindakan kekerasan oleh pemuda, oknum mahasiswa, pelajar seperti tawuran dan tindakan kejahatan lainnya.
Berbagai masalah diatas menuntut adanya upaya untuk melakukan perubahan dan pengembangan baik melalui institusi pemerintah, komponen masyarakat dan komponen pemuda itu sendiri. Maka dengan penyelenggaraan TOT Pengembangan Karakter Pemuda Indonesia tingkat Provinsi maupun tingkat nasional merupakan upaya yang memilki arti penting serta bernilai strategis dalam rangka penguatan karakter dan daya saing pemuda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Tujuan TOT ini adalah untuk menyiapkan kader-kader pelatih sebagai instruktur dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan karakter pemuda Indonesia yang terfollow up dalam Forum KAPMEPI Indonesia.
Dasar Pelaksanaan TOT adalah diantaranya adalah Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, Peraturan Menteri Negara pemuda dan Olahraga Nomor 0022 tahun 2010 Tentang rencana Strategis Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 2010-2014.
Kosep pelatihan adalah pemberian materi oleh Narasumber dan disertai simulasi dan FGD.






Tinak lanjut program ini adalah terbentuknya Forum Alumnus Kader Pengembangan Karakter Pemuda Indonesia NTB. Ketua terpilih Bapak Suhaedi, SE dan Bendahara Herma Suhaini. Dibentuk pula Deputi-deputi yang akan mendukung kerja serta penanggung jawab daerah tingkat Kabupaten di NTB yaitu untuk Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.
Secara resmi dilantik oleh Staf Kemenpora RI, Bapak Budiyanto, S. Pd,. M. Si pada rangkaian acara  penutupan TOT Character Building Pemuda Indonesia Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2013.

Materi-materi yang diberikan adalah sebagai berikut
1. Dinamika Kelompok
2. Kebijakan Pembangunan Kepemudaan
3. Pembangunan Karakter Kepemudaan Berbasiskan Kearifan Lokal
4. Peran Pemuda Dalam Kebangkitan bangsa
5. Kecerdasan Spiritual dan emosional Pemuda
6. Kebijakan dan Strategi Character Building
7. Motivasi Diri
8. Isi-isu dan Wawasan Kebangsaan
9. Hypnosis
10. Outbond








Narasumber:
1. Irwan Indra, S. TP (Sekjen FKAPMEPI Pusat)

2. Fakhruddin rusybandani (Ketua DPP)

3. Dikpora Provinsi NTB



4. Budiyanto, S. Pd,.M. Si (Staf Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI)

5. Danrem 162

Terimaksih Kepada para Narasumber yang telah senang hati berbagi ilmu dan pegalaman. terimakasih juga kepada para panitia TOT Character Building Nusa Tenggara Barat tahun 2013. dan tentunya kepada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, DisDIKPORA NTB dan KAPMEPI serta pihak-pihak yang sudah terlibat demi suksesnya acara ini.

Semoga Segala usaha untuk meningkatkan karakter pemuda Indonesia yang didukung oleh kekuatan moral, etika dan wawasan budi pekerti yang tinggi, pemuda dapat memerankan fungsinya sebagai penerus perjuangan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan benegara. Semoga upaya ini membawa berkah untuk kemajuan Pemuda Nusa Tenggara Barat dan mendapat ridho Allah SWT. Aamiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berikan kritik dan sarannya,,^_^