Bismillah

salju

Minggu, 24 Agustus 2014

Tak Ada salahnya Mencoba

Bila ada seseorang yang kita anggap membuat kesalahan dan posisinya orang itu lebih tua dari kita, maka apabila kita ingin mengingatkannya haruslah dengan tutur kata yang baik dan beradab. karena biar bagaimanapun kita harus selalu mengedepankan adab kesopanan kita. dan begitupun sebaliknya.
Tua menghormati yang muda, yang muda harus harus lebih menghormati yang tua.

kebenaran yang kita anggap dipihak kita harusnya tidak serta merta membuat kita menjadi sombong hingga melupakan bagaimana kita harus bersikap. Jangan biarkan rasa ego kita itu menjadi pembenaran untuk kita berbuat semena-mena tanpa filter.

Seharusnya kebenaran yang ingin kita ungkapkan harus selaras dengan cara kita menyikapinya. Bukankah menjelaskan dengan pelan dan baik-baik akan menghasilkan kebaikan pula tanpa ada yang harus merasa kecewa dan tersakiti.

Pertimbangkan dulu bila kita harus membuka mulut kita dan melontarkan ucapan. Sebaiknya bila masih dalam keadaan marah, maka tahan dulu mulut untuk terbuka, bungkus dulu kata-kata itu menjadi sempurna dan mengenakan sembari menarik napas dan keluarkan pelan-pelan. Biarkan amarah itu hilang terbawa hembusan udara biar ia tidak bisa mengotori pesan yang ingin kita sampaikan. sulit memang tapi tidak ada salahnya kita selalu berusaha untuk menuai kebaikan.

Lebih bijak bila kita tidak menyampaikan sebuah kata-kata berbuah luka dan sakit hati.

Keep calm N Smile ^_^
Kurnia Mahmud.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berikan kritik dan sarannya,,^_^